Langsung ke konten utama

Komunikasi



      Assalamuaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. sebelum kita masuk pada bagian penjelasan , ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan kepada kalian.

      Pertama, anda mungkin pernah berkunjung ke rumah teman baru anda untuk mengerjakan tugas bersama atau mungkin hanya sekedar bersilaturahmi . Sebelum anda masuk ke rumahnya, apakah anda mengiriminya pesan bahwa anda sudah di depan rumah dan memintanya untuk keluar membukakan pintu untuk anda? 
     Selanjutnya , Apakah hal itu masih sering anda lakukan meskipun kalian telah akrab satu sama lain?
     Terakhir , seberapa besar kah akibat yang ditimbulkan dari hal itu bila dibandingkan dengan mengetuk pintu rumahnya secara langsung? 

      Pertanyaan di atas hanyalah sedikit contoh dari pengaruh teknologi kepada perkembangan komunikasi manusia di kehidupan sehari-hari. Saya tidak akan menjelaskan hal tersebut sekarang . Saya akan menjelaskan tentang definisi komunikasi menurut sumber resmi , personal dan miskomunikasi.


Komunikasi menurut sumber resmi
Dari laman https://id.m.wikipedia.org/wiki/Komunikasi - Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gesture tubuh, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Ada juga definisi komunikasi menurut para ahli. Dikutip dari laman http://www.definisimenurutparaahli.com/definisi-komunikasi-menurut-para-ahli-dan-sumber-bukunya/, menurut Everret M. Rogers dan Laurence kincaid dalam buku “Communication Network  : Towards a New Paradigm  for Research” pada tahun 1981, Komunikasi adalah proses dimana dua orang atau lebih melakukan pertukaran informasi dan membentuk informasi tersebut dengan cara sedemikian rupa sehingga akhirnya tercipta suatu rasa saling pengertian yang mendalam. Lalu ada juga definisi lain mengenai komunikasi tersebut. Menurut Alexander Gode dalam buku “What Is Communication? “ Tahun 1969, Komunikasi adalah proses untuk membuat suatu kebersamaan bagi dua orang atau lebih.
Secara etnologi komunikasi berasal dari kata communis yang artinya sama.
 Komunikasi menurut personal
Komunikasi menurut saya sendiri adalah suatu proses dimana sumber mengirimkan pesan melalui media tertentu dan direspon balik oleh penerima sumber sehingga terjadi perubahan kondisi antara sebelum dan sesudah menerima pesan tersebut.
Komunikasi dapat terbentuk dalam banyak wujud. Komunikasi tidak harus orang dengan orang juga tidak harus selalu menggunakan kata kata. Komunikasi dapat berupa simbol - simbol atau gerakan-gerakan tertentu yang dipahami oleh sumber dan responden. Komunikasi bisa berbentuk sederhana bahkan bisa juga kompleks. Tidak peduli bagaimana bentuknya selama tujuan yang diinginkan dapat tercapai maka sah sah saja kita menyebutnya sebagai bentuk dari komunikasi itu sendiri. Perbedaan bentuk itu sendiri terjadi karena latar belakang dan ikatan yang berbeda beda antar kelompok atau pihak.
Miskomunikasi. Apa itu? 
Miskomunikasi menurut saya adalah kesalahan yang terjadi dalam proses komunikasi antara sumber dengan penerima informasi berupa tidak adanya keselarasan dan atau sinkronisasi sehingga tujuan yang diinginkan tidak tercapai. Hal ini dapat terjadi karena kesalahan responden dalam menerjemahkan pesan dan atau ambiguitas pesan yang disampaikan. Dalam kehidupan sehari hari, miskomunikasi sebagai contoh adalah saat kita berbicara dengan seseorang mengenai topik A, tetapi orang tersebut malah merespon dengan membicarakan topik B. Tentu saja saat kita merespon kembali topik tersebut kita menjadi bingung karena tidak sesuai dengan tujuan dari kita mengenai topik A. Miskomunikasi dalam kehidupan sehari hari dapat dicegah dengan cara menyampaikan pesan dengan efektif, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh kedua belah pihak dan menggunakan media yang sesuai dalam penyampaian pesan tersebut.

Nah , Mungkin cukup sekian dari saya. Terima kasih telah datang berkunjung dan semoga bermanfaat. Wassalamuaaikum Wr. Wb.




 

Komentar